Sabtu, 13 November 2010

 Tabel Periodik Unsur Kimia


Aplikasi HP yang diperuntukkan bagi mereka yang sedang belajar kimia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut diatur berdasarkan struktur elektronnya sehingga sifat kimia unsur-unsur tersebut berubah-ubah secara teratur sepanjang tabel. Setiap unsur didaftarkan berdasarkan nomor atom dan lambang unsurnya.
Tabel periodik standar memberikan informasi dasar mengenai suatu unsur. Ada juga cara lain untuk menampilkan unsur-unsur kimia dengan memuat keterangan lebih atau dari persepektif yang berbeda.
Sejarah tabel periodik


Tabel periodik pada mulanya diciptakan tanpa mengetahui struktur dalam atom: jika unsur-unsur diurutkan berdasarkan massa atom lalu dibuat grafik yang menggambarkan hubungan antara beberapa sifat tertentu dan massa atom unsur-unsur tersebut, akan terlihat suatu perulangan atau periodisitas sifat-sifat tadi sebagai fungsi dari massa atom. Orang pertama yang mengenali keteraturan tersebut adalah ahli kimia Jerman, yaitu Johann Wolfgang Döbereiner, yang pada tahun 1829 memperhatikan adanya beberapa triade unsur-unsur yang hampir sama.





Bisa gak sih berhenti merokok ??

Semua orang sudah tahu bahaya yang ditimbulkan akibat merokok. Tetapi, perilaku pelaku tak pernah surut. Lihat saja dalam kehidupan sehari-hari, seperti di lingkungan rumah, kantor, angkutan umum, maupun di jalan-jalan, hampir setiap saat dapat dijumpai orang merokok.


Kerugian yang ditimbulkan rokok sangat banyak bagi kesehatan. Dalam asap rokok terdapat 4.000 zat kimia berbahaya, dua diantaranya adalah nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik. Racun dan karsinogenik yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu kanker. Asap yang keluar dari pembakaran mengandung gas-gas beracun seperti karbon monoksida dan larutan kimia lainnya. Karbon monoksida akan menurunkan kemampuan tubuh dalam membawa oksigen yang dapat menimbulkan risiko penyakit jantung.
Untuk memberikan selera yang diharapkan perokok, pabrik selalu menambahkan zat tambahan agar rasa dar rokok itu bisa memenuhi keinginan konsumen. Hal itulah yang menyebabkan perokok sangat sulit meninggalkan rokok karena ketergantungan pada nikotin.
Mengapa seorang yang masih berusia muda (remaja) sudah mulai merokok ??
1. Pengaruh orang tua
Seorang perokok muda mengaku ia berasal dari keluarga yang tidak bahagia. Tidak ada perhatian dari orang tuanya dan sering memberikan hukuman fisik yang keras. Yang pengaruhnya paling kuat adalah bila orang tua sendiri perokok berat. Seorang anak akan lebih tertarik mencoba  apabila di sekelilingnya ada seorang perokok berat.
2. Pengaruh teman
Berbagai fakta mengungkapkan, semakin banyak teman-teman yang merokok, maka semakin besar kemungkinan kita menjadi perokok juga.
3. Faktor kepribadian
Remaja pada zaman sekarang umumnya mencoba merokok karena alasan “ingin tahu” atau ingin melepaskan diri dari rasa sakit fisik maupun jiwa, membebaskan diri dari kebosanan. Namun, sifat kepribadian yang pada awalnya hanya mencoba-coba justru mengarahkan mereka pada hal-hal yang negatif.
4. Pengaruh iklan
Melihat penampilan iklan  di media cetaj maupun elektronik yang menampilkan gambar bahwa perokok adalah lambang kedewasaan atau kejantanan sering kali membuat seseorang terpicu untuk mengikuti perilaku seperti yang ada dalam iklan tersebut.
Gimana caranya untuk berhenti ??

Untuk menghilangkan kebiasaan merokok itu memang cukup sulit.
Tahap pertama yang mungkin bisa dilakukan adalah motivasi. Dengan menumbuhkan rasa motivasi dalam diri kita untuk berhenti atau tidak mencoba untuk merokok akan membuat kita mampu tidak terpengaruh godaan merokok yang datang dari teman, media massa, atau kebiasaan keluarga/ orangtua.
Harus ada kemauan !!
Mulailah fikirkan hari dimana kita akan mecoba berhenti merokok. Sadarlah bahwa nanti kita akan merasa marah, terganggu, dan rasa ingin merokok sangat kuat. Itulah efek nikotin. Dia akan mengganggu kita seperti anak kecil. Jado cuekin aja!!. Seperti anak kecil, kalau dicuekin, ia akan bakal pergi dengan sendirinya.
Cari gimana caraya kita bisa lewatin waktu seharian tanpa merokok. Mungkin dengan mengunyah permen karet, main ps, atau yang lainya yang membuat tangan dan mulut kita sibuk.
Hindari teman-teman yang selalu mendorong kita untuk merokok.
Kalau tips ini gagal….
Jangan khawatir. Coba renungkan kenapa kita gagal. Pikirkan bagaimana kita bisa menang lain waktu.
Dan jangan takut buat coba lagi !!

Bawang Penangkal Radikal Bebas

Dalam kehidupan sehari-hari, dapat dikatakan manusia sulit terhindar dari terpaan radikal bebas. Zat tersebut masuk ke dalam tubuh manusia bisa dalam wujud asap maupun melalui makanan yang dikonsumsi. Asap kendaraan bermotor, asap rokok, polusi udara, proses pembakaran makanan, meletupnya petir, dan paparan sinar matahari yang mengandung sinar X maupun sinar ultraviolet yang berlebihan merupakan penyumbang radikal bebas bagi tubuh manusia.

Selain faktor eksternal, radikal bebas yang merupakan molekul yang kehilangan elektron itu juga disumbang oleh faktor internal tubuh. Radikal bebas dapat terjadi di dalam tubuh melalui proses metabolisme, yakni suatu proses yang memodifikasi senyawa kimia secara biokimia (melalui enzim) di dalam organisme atau sel. Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh dapat diperangi dengan antioksidan. Antioksidan tersebut dapat menetralisasi radikal bebas dengan melengkapi elektron yang terlepas dari radikal bebas.

Secara alamiah, radikal bebas yang dihasilkan tubuh dapat dinetralisasi melalui antioksidan yang juga dihasilkan tubuh. Tetapi, radikal bebas yang berasal dari berbagai bahan polutan menyebabkan antioksidan alami tidak mampu menetralisasinya ketika masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, dibutuhkan zat-zat lain yang mengandung antioksidan, seperti vitamin, mineral, atau fitokimia (zat-zat kimia yang mengandung unsur sayur-sayuran maupun buah-buahan).

Menurut Dr Hery Haerudin, peneliti sekaligus Head of Division of Analytical Chemistry & Standard Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), antioksidan salah satunya terdapat dalam bawang putih yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, meskipun diketahui mengandung antioksidan, cara kerja bawang putih dalam mengeluarkan zat tersebut masih samar.
din/L-2


KEGUNAAN HIDROKARBON DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

SANDANG
Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Dari Kerosin ini semua bahannya dibentuk menjadi senyawa aromat, yaitu para-xylene. Rumus kimianya tau kan ? Bentuknya senyawa benzen (C6H6), tetapi ada dua gugus metil pada atom C1 dan C3 dari molekul benzen tersebut.
Peta Petrokimia
Para-xylene ini kemudian dioksidasi menggunakan udara menjadi PTA (lihat peta proses petrokimia diatas). Nah dari PTA yang berbentuk seperti tepung detergen ini kemudian direaksikan dengan metanol menjadi serat poliester. Serat poli ester inilah yang menjadi benang sintetis yang bentuknya seperti benang. Hampir semua pakaian seragam yang adik-adik pakai mungkin terbuat dari poliester. Untuk memudahkan pengenalannya bisa dilihat dari harganya. Harga pakaian yang terbuat dari benang sintetis poliester biasanya relatif lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan dasar katun, sutra atau serat alam lainnya.
Proses pembuatan polyester
Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol). Salah satu produsen PTA di Indonesia adalah di Pertamina Unit Pengolahan III dengan jenis produk dan peruntukannya disini.
Sebetulnya ada polimer lain yang juga dibunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Polimer tersebut terbuat dari polietilen.

KEGUNAAN HIDROKARBON DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Satu molekul glukosa / dekstrosa / monosakaridaKarbohidrat atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana. Kalau atom karbon dinotasikan sebagai bola berwarna hitam, okeigen berwarna merah dan hidrogen berwarna putih maka bentuk molekul tiga dimensi dari glukosa akan seperti gambar disamping ini. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta bercabang-cabang.
Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Selain itu, karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber), seperti selulosa, pektin, serta lignin.
Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tubuh menggunakan karbohidrat seperti layaknya mesin mobil menggunakan bensin. Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa. Gula ini kemudian oleh sel dioksidasi (dibakar) dengan bantuan oksigen yang kita hirup menjadi energi dan gas CO2 dalam bentuk respirasi / pernafasan. Energi yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disimpan dibawah jaringan kulit dalam bentuk lemak.
Reaksi pembakaran gula dalam tubuh :
C6H12O6 (gula) + 6O2 (udara yang dihirup) —- >
Energi + 6CO2 (udara yang dikeluarkan) + 6H2O (keringat atau air seni).
Selamat Belajar....!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar